Pemulihan Pasca Operasi Tumor Payudara

Pemulihan pasca operasi tumor payudara merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar cepat sembuh serta berbagai komplikasi akibat operasi tumor payudara bisa dihindari dan diminimalisir sekecil mungkin.

Nah kali ini kami akan memberikan informasi tentang pemulihan pasca operasi tumor payudara yang dapat anda lakukan sendiri di rumah.

Operasi merupakan salah satu tindakan medis yang dilakukan oleh dokter guna mengobati tumor payudara.Tujuannya adalah untuk mengangkat jaringan payudara yang ditumbuhi tumor atau mengangkat masa tumor yang tumbuh dipayudara.

Pemulihan Pasca Operasi Tumor Payudara

Pemulihan Pasca Operasi Tumor Payudara

Ada yang menyatakan bahwa 5 – 7 hari adalah waktu yang diperlukan oleh pasien pasca operasi tumor payudara untuk bisa menjalani aktivitas seperti sedia kala. Akan tetapi waktu tersebut bukanlah waktu baku yang diperlukan.

Sementara itu menurut Prof. Dr. Li Yuan Zhong waktu yang diperlukan untuk pemulihan setelah melakukan operasi tumor jinak FAM tidak dapat dipastikan karena semua tergantung kepada kondisi fisik pasien terhadap keberhasilan operasi.

Lebih lanjut beliau menyarankan kepada pasen pasca operasi tumor payudara untuk melakukan pemeriksaan laboratorium ulang seperti cek darah, pemeriksaan basic untuk memantau timbul tidaknya kembali tumor.

Selain itu beliau juga menyarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat serta menghindari makanan berlemak, kopi, teh dan coklat.

Pemulihan Pasca Operasi Tumor Payudara Yang Dapat DIlakukan DIrumah

Untuk anda pasien pasca operasi tumor payudara ada beberapa pemulihan pasca operasi tumor payudara hal yang dapat anda lakukan sendiri dirumah, yakni :

1. Merawat perban pasca operasi

Setelah anda diberikan waktu istirahat di rumah oleh dokter, maka sebelum anda melakukan kesalahan yang fatal dalam penanganan perban yang masih ada pasca operasi.

Kami sarankan anda berkonsultasi terlebih dahulu mengenai cara merawat perban yang masih terdapat pada tubuh anda  pasca operasi payudara. Hal ini untuk membuat anda berhati-hati untuk mewaspadai  gerakan tubuh yang justru berakibat memperparah keadaan pasca operasi.

2. Olahraga ringan

Setelah operasi memang tidak disarankan untuk anda melakukan olahraga yang berat karena biasanya bekas luka operasi membutuhkan waktu untuk kembali normal.

Oleh karena itu anda dapat melakukan latihan-latihan peregangan beberapa kali setiap hari, mulai hari setelah operasi.

3. Istirahat cukup dan makan seimbang

Kondisi setelah operasi memang sangat rentan. Selain anda memang mendapatkan tekanan psikis ketakutan kanker payudara kembali menghantui anda.

Oleh karena itu anda dapat membantu pemulihan dengan istirahat yang cukup dan makan-makanan yang seimbang.

Slain itu untuk mempercepat pemulihan kondisi pasca operasi selain mengkonsumi obat dokter anda juga disarankan menbgkonsumsi obat tumor payudara alami berkhasit yang membantu meminimalisir sel-sel  tumor payudara.

Dan segera hubungi dokter jika anda mengalami beberapa kondisi sebagai berikut :

1. Bengkak di lengan atau tangan, dekat sayatan, atau di bawah lengan Anda (sejumlah kecil pembengkakan adalah normal selama sekitar satu bulan setelah operasi. Kadang-kadang, mengangkat lengan Anda pada bantal akan mengurangi beberapa pembengkakan.)
2.  Demam lebih dari 100,4 derajat Fahrenheit
3.  Peningkatan drainase dari sayatan
4.  Peningkatan nyeri tidak dikendalikan oleh obat nyeri Anda
5.  Masalah fisik lainnya seperti nyeri, kehilangan nafsu makan atau berat, perubahan periode menstruasi, atau penglihatan kabur, pusing juga laporan, batuk atau suara serak, sakit kepala, atau masalah pencernaan yang tampaknya tidak biasa atau yang tidak hilang dalam 2-3 hari.

sumber : www.bidanku.com

Demikianlah informasi tentang bagaimana pemulihan pasca operasi tumor payudara ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel singkat dan sederhana ini dan sampai jumpa.

Post By

Obat Tumor Payudara Jinak Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *