Pantangan Makanan Setelah Operasi Tumor Payudara

Pasca operasi tumor payudara, pasien tidak bisa leluasa mengkonsumsi berbagai makanan ada beberapa makanan yang tidak baik jika dikonsumsi, berikut ini adalah daftar pantangan makanan setelah operasi tumor payudara yang sebaiknya dihindari guna membantu mempercepat proses pemulihan pasca operasi tumor payudara.

Pantangan Makanan Setelah Operasi Tumor Payudara

Pantangan Makanan Setelah Operasi Tumor Payudara

Operasi merupakan jalan terakhir yang bisa dilakukan untuk menghilangkan benjolan di payudara karena tumor, utamanya jika benjolan sudah berukuran besar dan menimbulkan berbagai gejala atau keluhan pada pasien maka operasi mesti dilakukan.

Meskipun biaya operasi tumor payudara tidak sedikit serta bisa menimbulkan berbagai dampak atau efek samping, namun semuanya harus dihadapi jika ingin terbebas dari penyakit tumor payudara. Namun yang perlu digaris bawahi adalah pasca operasi masih ada kemungkinan tumor tumbuh lagi, mengingat operasi hanya sebatas mengangkat masa tumor tanpa mengobati sampai keakar-akarnya.

( Baca : Cara Agar Tumor Payudara Tidak Tumbuh Lagi Pasca Operasi )

Untuk itu diperlukan penanganan serta pengobatan lanjutan pasca operasi jika tidak ingin tumor tumbuh lagi, salah satunya adalah dalam memperhatikan asupan makanan pasca operasi,untuk itu sangat penting bagi anda pasien tumor payudara yang paaca melakukan operasi untuk mengetahui dan menghindari beberapa pantangan makanan setelah operasi tumor payudara.

Mengingat makanan bisa menjadi salah satu faktor penyebab atau pencetus tumbuhnya tumor di payudara sehingga penting bagi anda khususnya wanita untuk bisa menghindari beberapa makanan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa contoh pantangan makanan setelah operasi tumor payudara yang perlu diperhatikan, yakni :

Kangkung Dan Sawi Putih

Kedua jenis sayuran ini sebaiknya untuk sementara tidak dikonsumsi pasca operasi tumor payudara guna membantu proses pemulihan dan penyembuhan karena keduanya bisa menurunkan efektivitas/keampuhan obat yang diberikan oleh dokter pasca operasi.

Cabai ( Makanan Pedas )

Makanan pedas memang bisa meningkatkan selera makan kita, namun makanan ini sebiknya tidak dikonsumsi oleh pasien pasca operasi tumor payudara karena makanan pedas bisa menurunkan kadar oksigen dalam tubuh.

Makanan Mengandung Zat Aditif

Bagi pasien pasca operasi tumor payudara sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat aditif seperti : mie instan, minuman ringan, minuman serbuk serta berbagai makanan yang bersifat siap saji ( instan ).

Makanan Mengandung Zat Karsinogenik

Zat karsinogenik merupakan zat pencetus kanker atau tumor karena zat ini bisa merangsang tumbuhnya tumor dan kanker dalam tubuh sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh pasien tumor payudara pasca operasi.

Beberapa contoh makanan yang mengandung zat karsinogenik adalah mentimus, makanan yang di bakar, dan gorengan yang mengandung lemak jenuh.

Makanan Yang Diolah Dengan Wadah Plastik

Pasien pasca operasi tumor payudara juga sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang diolah menggunakan wadah plastik karena bisa saja partikel berbahaya pada plastik menempel pada makanan.

Buah Buahan Tertentu

Pada dasarnya buah-buahan sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang sakit atau sedang dalam masa penyembuhan, namuan ada beberapa buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh pasien tumor payudara yang dalam masa penyembuhan pasca operasi.

Buah yang tidak boleh dikonsumsi adalah buah yang mengandung alkohol seperti : durian, nangka, lengkeng, duku dan anggur.

Makanan Laut Atau Seafood

Jika anda penyuka makanan laut maka sebaiknya makanan tersebut anda hindari jika tengah dalam masa penyembuhan setelah melakukan operasi tumor payudara, karena makan tersebut mengandung mineral yang sangat tidak baik untuk keshatan tubuh.

Contoh makanan : Udang, Cumi, kerang, kepiting dan ikan asin.

Ikan asin mengandung bahan allergen yang bisa mengambat penyembuhan luka operasi serta menimbulkan rasa gatal pada luka bekas operasi.

Itulah beberapa jenis makanan yang termasuk kedalam daftar pantangan makanan setelah operasi tumpr payudara yang perlu anda kurangi dan hindari agar proses pemulihan dan penyembuhan pasca operasi berjalan lebih cepat serta bisa mencegah tumor tumbuh lagi pasca operasi.

Selain menghindari jenis makanan tersebut, konsumsu suplemen alami atau obat herbal juga bisa anda lakukan agat penyakit tumor payudara tidak tumbuh atau kambuh lagi.

Semoga informasi singkat yang kami sampaikan ini bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih sudah menyimak dan berkunjung di halaman sederhana kami dan jangan lupa bagikan jika anda rasa tulisan sederhan ini bermanfaat.

Baca Juga :
Jenis Tumor Payudara
Efek Samping Operasi Tumor Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *