Dampak Operasi Tumor Payudara Terasa Nyeri

Salah satu dampak operasi tumor payudara yang banyak dan sering dialami oleh wanita pasca operasi tumor payudara adalah timbulnya rasa nyeri pada payudara, hal tersebut tak jarang membuat wanita merasa khawatir dan bertanya kenapa hal tersebut bisa terjadi ?

Operasi merupakan salah satu cara yang biasa disarankan oleh dokter guna mengangkat tumor jinak di payudara yang apabila tidak segera diangkat dapat memperburuk keadaan.

Namun sayangnya operasi hanya sebatas mengangkat tumor saja tanpa mencegah terjadinya pertumbuhan tumor. Alhasil banyak kasus yang terjadi tumor tumbuh lagi meskipun suda melakukan operasi.

Selain memiliki resiko tumor tumbuh lagi, operasi tumor payudara juga bisa menimbulkan dampak atau efek samping.

Efek Samping Atau Dampak Operasi Tumor Payudara

Salah satu efek samping operasi tumor jinak payudara yang sering dialami adalah timbulnya rasa nyeri pada payudara serta bekas operasi tumor payudara yakni berupa luka sayatan yang apabla tidak mendapatkan perawatan yang baik dan benar bisa menimbulkan infeksi.

Dampak Operasi Tumor Payudara
dr. Mira Iskandar

Menurut dr. Mira Iskandar timbulnya nyeri setelah operasi tumor payudara merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi sesudah operasi pengangkatan tumor. Hal tersebut merupakan resfon tubuh akibat luka sayatan yang terjadi selama operasi, dan dalam beberapa hari biasanya nyeri tersebut akan perlahan hilang.

Lebih lanjut beliau mengungkapkan bahwa rasa ba’al mungkin juga bisa muncul pada bekas luka operasi dan seiring berjalannya waktu hal tersebut akan membaik, Tidak hanya itu pada sebagian kasus selain nyeri dan ba’al nyeri berdenyut juga akan timbul di sekitar tempat operasi.

Walaupun efek pasca operasi tumor payudara berupa nyeri pada payudara merupakan hal yang wajar adanya, namun ketika nyeri yang timbul tidak kunjung membaik dalam beberapa waktu maka anda harus mewaspadai dan segera mengkonsultasikannya kepada dokter yang mengoprasi anda, utamanya jika nyeri yang dirasakan di ikuti dengan kondisi sebagai berikut :

  • rasa nyeri yang terus-menerus dan tidak semakin membaik seiring waktu
  • bengkak di sekitar luka disertai kemerahan
  • bisa dijumpai cairan seperti nanah di sekitar luka
  • demam dan tidak enak badan

Nah jika kondisi tersebut anda alami maka ada beberapa hal yang sebaiknya anda lakukan agar kondisi tersebut tidak semakin buruk, yakni :

  1. Tidak menyentuh bagian yang sakit dengan tangan untuk menghindari risiko infeksi
  2. Konsumsi obat penahan sakit yang dijual bebas seperti paracetamol
  3. Menggunakan bra yang nyaman
  4. Melakukan pemeriksaan payudara sendiri secara rutin
  5. Hindari pantangan makanan setelah operasi payudara
  6. Konsumsi obat tumor alami

Selain sebagai dampak operasi tumor payudara, timbulnya nyeri pada payudara juga dapat disebabkan oleh beberapa hal lainnya yakni : perubahan hormonal karena siklus mentruasi, abses payudara ( penumpukan nanah pada payudara ), Mastitit ( radang payudara ) serta tumor jinak payudara kambuh lagi.

Demikainlah informasi tentang dampak operasi tumor payudara ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda. Terima kasih banyak kami ucapkan telah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami, jangan lupa dishare jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Baca Juga :

Dampak Operasi Tumor Payudara

>>> Cara Mengobati Tumor Payudara Tanpa Operasi <<<

One thought to “Dampak Operasi Tumor Payudara Terasa Nyeri”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *