Ciri Ciri Kelainan Fibrokistik

Ciri Ciri Kelainan Fibrokistik .- Kelainan Fibrokistik adalah salah satu jenis tumor payudara jinak yang cukup sering ditemukan kasusnya, lalu seperti apa indikasi atau gejala dan pengobatannya ? berikut kami berikan informasinya untuk anda.

Ciri Ciri Kelainan Fibrokistik

Ciri Ciri Kelainan Fibrokistik

Kelainan Fibrokistik adalah tumor jinak yang tumbuh atau muncul di kelenjar susu. Hal tersebut ditandai dengan muculnya benjolan berisi cairan di payudara.

Fibrokistik tidaklah berbahaya akan tetapi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman jika ukuran tumor sudah besar. Fibrokistik tidak menyebar hanya tumbuh disatu area saja akan tetap bisa membentuk lebih dari satu benjolan.

Secara umum kelainan fibrokistik lebih sering terjadi pada wanita berusia 30 hingga 50 tahun dan sebagian kecil kasus juga dialami oleh wanita berusia dibawah 20 tahun.

Para ahli kesehatan berpendapat bahwa sebab munculnya kelainan fibrokistik adalah adanya perubahan hormon estrogen pada wanita.

Dimana perubahan hormon tersebut sering terjadi selama siklus menstruasi yang ditandai dengan muncul berbagai rasa tidak nyaman seperti nyeri dada, pembengkakan, dan benjolan yang keras dan terasa nyeri.

Selain itu, kelainan fibrokistik juga bisa disebabkan oleh menopause serta adanya berbagai faktor yang memicu seperti :

  • Wanita yang berusia antara 20-45 tahun berisiko tinggi terkena penyakit ini.
  • Penggunaan obat yang mengandung estrogen.
  • Beberapa wanita merasa bahwa makan cokelat, minum kafein, atau makan makanan tinggi lemak menyebabkan gejala. Sayangnya, belum ada bukti yang jelas tentang ini.

Ciri Ciri Kelainan Fibrokistik

Hampir sebagian besar penderita kelainan fibrokistik tidak merasakan gejala atau keluhan apapun diawal mula kemunculannya. Gejala atau ciri ciri kelainan fibrokistik baru muncul jika sudah masuk dalam tahap atau kondi berat.

Beberapa gejala atau ciri ciri kelainan fibrokistik yang muncul, umumnya berupa :

  • Nyeri
  • Bengkak
  • Ketika diraba, payudara terasa ada jendulan padat, kencang (menegang) dan terlihat lebih berisi

Karakteristik jendolan atau benjolan karena kelainan fibrokistik adalah benjolan bergesar atau berpindah tempat saat ditekan serta ukuran cenderung berubah-ubah.

Selain beberapa gejala tersebut, penderita kelaian fibrokistik juga bisa merasakan sakit dibawah lengan serta payudara mengeluarkan cairan cokelat gelap atau kehijauan.

Dianjurkan segera menemui dokter jika beberapa gejala diatas mulai anda rasakan utamanya jika gejala yang muncul diikuti dengan kondisi : benjolan payudara baru atau adanya area yang menebal atau merasa ada yang tidak biasa ketika melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).

Dokter biasanya akan melakukan wawancara medis perihal gejala yang dirasakan serta melakukan berbagai tes guna mengetahui penyebab pasti meliputi : tes rontgen, USG payudara serta biopsi.

Selanjutnya jika serangkaian pemeriksaan telah dilakukan, dan dipastikan itu kelaian fibrokistik maka barulah dokter mengambil tindakan pengobatan berupa :

  • Aspirasi jarum halus. Dokter bisa menggunakan jarum kecil dan tipis untuk mengeluarkan cairan dari dalam kista. Ketika terdapat cairan yang keluar, maka ini mengkonfirmasi bahwa benjolan merupakan kista. Ukuran benjolan pun berkurang seiring cairan dikeluarkan.
  • Operasi jarang sekali disarankan untuk benjolan payudara yang memiliki karakter seperti kista. Biasanya operasi akan disarankan bila dokter telah memantau dan melakukan aspirasi beberapa kali tapi benjolan menetap. Operasi juga dapat disarankan bila dokter menemukan karakteristik tertentu yang mengarah ke keganasan (kanker).

Cara Penanganan Kelainan Fibrokistik Sendiri Dirumah

Sebelum anda menemui dokter karena berbagai pertimbangan atau alasan maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan sendiri dirumah sebagai pertolongan atau penanganan pertama, yakni :

  • Kenakan bra yang pas, terutama saat beraktivitas.
  • Minum obat pereda nyeri seperti acetaminophen dan obat NSAID.
  • Mengurangi kafein (dalam kopi, teh, minuman bersoda, cokelat)
  • Mengurangi makanan berlemak.
  • Menggunakan bantalan panas atau botol air panas untuk meringankan nyeri
  • Konsumsi obat herbal tumor payudara

Jika dengan melakukan beberapa hal tersebut, gejala yang dirasakan tak kunjung membaik maka secepatnya kolsultasikan dan hubungi dokter guna mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Demikianlah informasi tentang ciri ciri kelainan fibrokistik, dianjurkan segera temui dokter jika anda merakan beberapa gejala kelainan fibrokistik yang sudah kami sampaikan diatas. Jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel sederhana ini bermanfaat.

sumber materi :
hellosehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *