Biaya Operasi Tumor Payudara Jinak Tanpa BPJS

Operasi menjadi opsi terakhir untuk menghilangkan tumor payudara namun biayanya tidak sedikit dan berikut adalah biaya operasi tumor payudara jinak yang harus dikeluarkan tanpa BPJS sebagai bahan pertimbangan, mengingat setiap rumah sakit memiliki angka yang berbeda-beda.

Biaya Operasi Tumor Payudara

Tumor payudara menjadi penyebab paling sering dari timbulnya benjolan di payudara, dimana tumor ini bersifat jinak sehingga tidak terlalu berbahaya dan kecil kemungkinan berkembang menjadi kanker payudara yakni penyakit mengerikan dan mematikan yang ditakui oleh semua wanita di dunia.

Dimana salah satu indikasi atau gejala kanker payudara adalah timbulnya benjolan di payudara, hal tersebutlah yang membuat hampir semua wanita merasa takut dan was-was ketika disengaja atau tidak menemukan benjolan di payudara.

Namun walaupun bersifat jinak, bukan berarti anda menyepelakan timbulnya benjolan di payudara sehingga anda tidak melakukan penanganan dan pengobatan yang serius.

Tumor jinak payudara memiliki beberapa jenis namun yang paling sering muncul dan terjadi utamanya pada wanita usia 17-35 tahun adalah Fibroadenoma yakni tumor jinak pada payudara yang terdiri dari jaringan kelenjar payudara dan jaringan stroma (ikat).

Indikasi atau gejala tumor jinak payudara Fibroadenoma adalah timbulnya benjolan pada payudara tepatnya di bawah kulit yang dapat digerakan/bergeser saat di sentuh dan tidak menimbulkan sakit. Namun adanya kalanya Fibroadenoma juga tidak menyebabkan kerusakan pada puting susu, pembengkakan, kemerahan, atau iritasi kulit di sekitar payudara.

Salah satu bagaimana cara mengobati tumor payudara jinak yang biasa dilakukan dan disarakan oleh dokter adalah dengan cara bedah operasi dengan tujuan mengangkat benjolan yang tumbuh dipayudara.

Sebelum melakukan operasi biasa dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan medis meliputi : USG dan biopsi yakni pengambilan sample jaringan untuk diperiksa di laboratorium menggunakan mikroskop.

Adapun prosedur operasi yang bisanya dilakukan oleh dokter adalah sebagai berikut :

  • Biopsi lumpektomi atau eksisi. Dalam prosedur ini, ahli bedah akan mengambil sampel jaringan payudara dan mengirimkannya ke laboratorium untuk memeriksa kemungkinan adanya sel kanker.
  • Cryoablation. Dalam prosedur ini, sebuah alat berupa tongkat tipis dimasukkan ke dalam benjolan tumor melalui kulit. Kemudian gas dingin dipompakan lewat alat ini untuk membekukan jaringan tumor. Cryoablation dapat digunakan pada fibroadenoma yang tidak terlalu besar untuk dibekukan, dan hanya digunakan jika diagnosis sudah pasti.

Berapa Biaya Operasi Tumor Payudara ?

Angka pasti akan biaya operasi tumor payudara tidaklah pasti, mengingat biaya akan berbeda antara rumah sakit yang satu dengan yang lainnya.

Data lama menyebutkan hasil kutipan dari suryahusadha.com biaya operasi tumor payudara tanpa BPJS menyentuh angka Rp.8.000.000 dan mungkin saat ini bisa sampai di angka Rp.10.000.000 sampai Rp.15.000.000

Sementara itu jika menggunakan BPJS maka biaya yang dikeluarkan tidaklah terlalu besar yakni hanya sekitar 2-5 juta rumah yakni hanya biaya untuk konsultasi dengan dokter spesialis onkologi biaya tes lab, USG dan lain-lain.

Untuk mendapatkan angka pasti akan biaya tumor payudara yang harus dikeluarkan maka sebaiknya anda segera menghubungi kantor rumah sakit terdekat atau rumah sakit rujukan untuk melakukan operasi tumor payudara.

Semoga informasi tentang biaya operasi tumor payudara ini bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menjadi gambaran akan biaya yang harus dikeluarkan jika anda disarankan melakukan operasi untuk mengobati penyakit tumor payudara yang anda derita.

Terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel singkat dan sederhana kami ini dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat !!!

Baca Juga :
Efek Samping Operasi Tumor Payudara
Pemulihan Pasca Operasi Tumor Payudara
Cara Mencegah Tumor Tumbuh Lagi Pasca Operasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *