Bahaya Fam Jika Tidak Dioperasi

FAM ( fibroadenoma mammae ) adalah jenis tumor payudara yang sering ditemukan kasusnya, lalu seberapa bahaya fam jika tidak dioperasi ? berikut kami berikan informasinya untuk anda, silahkan disimak !

Bahaya Fam

Bahaya Fam Jika Tidak Dioperasi

Fibroadenoma mammae (FAM) adalah tumor jinak yang tumbuh di jaringan payudara dengan karakteristik benjolan berbentuk bulat dengan batas tegas dan memiliki konsistensi kenyal serta permukaan yang halus ketika diraba dan ukurannya bisa bertambah besar pada masa kehamilan.

Disebut tumor jinak, karena FAM tidak menjadi lebih besar seiring waktu serta tidak pula menyebar ke organ lain. Sehingga keberadaanya tidaklah membahayakan, namun jika ukuran benjolan sudah besar maka dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman sehingga perlu dilakukan penanganan.

Sebagian besar orang yang terkena penyakit FAM adalah wanita usia antara 15-35 tahun.

HIngga kini, penyebab munculnya fam belum diketahui secara pasti akan tetapi fibroadenoma erat kaitannya dengan hormon reproduksi. Dimana jika jumlah hormon produksi didalam tubuh wanita meningkat maka ukuran benjolan bisa membesar.

Hal tersebut dikarenakan pada saat wanita masuk pada masa kehamilan atau saat wanita sedang menjalani terapi penggantian hormon benjolan fam dapat membesar sementara ketika reproduksi menurun, misalnya setelah wanita memasuki masa menopause ukuran fam mengecil.

Selain fibroadenoma yang umum terjadi, ada beberapa jenis fibroadenoma lainnya yang mana lebih berbahaya dari FAM biasa karena bisa menimbulkan dampak buruk ketika tidak diatasi dengan tunas, dan ini yang perlu diwaspadai, yakni :

  1. Fibroadenoma kompleks. Pada jenis ini terjadi pertumbuhan sel yang cepat. Fibroadenoma kompleks didiagnosis menurut analisa jaringan dengan mikroskop (biopsi).
  2. Fibroadenoma juvenile. Jenis ini merupakan fibroadenoma yang paling banyak diderita oleh wanita berusia 10-18 tahun. Fibroadenoma juvenile dapat membesar, namun seiring waktu akan menyusut bahkan menghilang.
  3. Fibroadenoma besar. Jenis ini dapat membesar hingga berukuran 5 centimeter dan harus diangkat karena dapat menekan jaringan payudara sekitarnya.
  4. Tumor phyllodes. Jenis ini biasanya bersifat jinak, namun dapat juga berubah menjadi kanker payudara. Dokter akan menyarankan tumor ini untuk diangkat.

Gejala Fibroadenoma

Selain karena FAM timbulnya benjolan di payudara juga bisa menjadi tanda atau gejala penyakit serius seperti kanker payudara. Untuk itu sangat penting bagi anda para wanita untuk bisa memahami dan mengenali gejala kanker payudara dan gejala Fibroadenoma ( FAM ).

Nah, indikasi atau gejala benjolan karena tumor jinak Fibroadenoma ( FAM ) adalah sebagai berikut :

  • Tidak terasa sakit.
  • Berbentuk bundar dengan tepi benjolan yang jelas.
  • Mudah digerakkan.
  • Konsistensi benjolan terasa kenyal dan padat.

Benjolan yang muncul bisa lebih dari satu serta bisa terdapat disalah satu atau bahkan kedua payudara.

Dianjurkan segera menemui dokter guna mengetahui sebab pasti akan menculnya benjolan tersebut. Dengan begitu maka anda bisa terhindari dari hal-hal yang tak diinginkan akibat kondisi tersebut.

Bahaya Fam Jika Tidak Dioperasi

Seperti apa yang telah kami sebutkan diatas bahwa penyakit FAM tidaklah berbahaya karena bersifat jinak jika Fibroadenoma yang diderita adalah Fibroadenoma  biasa.

Namun jika yang dialami adalah Fibroadenoma kompleks dan tumor phyllodes maka perlu diwaspadai karena Fibroadenoma jenis tersebut bisa berkembang menjadi kanker payudara jika tidak diatasi dan diobati.

Operasi adalah tindakan penanganan yang biasa dilakukan oleh dokter dalam mengatasi Fibroadenoma, utamanya jika hasil serangkaian tes mengindikasikan Fibroadenoma bersifat abnormal, pengangkatan fibroadenoma akan dilakukan dengan cara :

  • Lumpektomi. Ini merupakan prosedur pembedahan untuk memotong atau mengangkat benjolan fibroadenoma dari payudara. Jaringan yang diangkat tersebut akan dibawa ke laboratorium untuk diperiksa apakah terdapat sel-sel kanker.
  • Cryoablation. Dalam prosedur ini, dokter akan memasukkan alat tipis mirip tongkat ke benjolan fibroadenoma melalui kulit untuk membekukan jaringan tumor dengan gas.

Perlu anda ketahui, meskipun telah diangkat fibroadenoma masih bisa tumbuh lagi pasca operasi sehingga diperlukan pengobatan lanjutan atau tambahan pasca operasi untuk mencegah fibroadenoma tumbuh lagi salah satunya ialah dengan konsumsi obat tradisional tumor payudara.

Kesimpulan : Fibroadenoma ( FAM ) tidaklah berbahaya selama benjolan tidak bertambah besar dan tidak menimbulkan keluhan pada penderitanya sehingga operasi pun tak mesti dilakukan. Namun jika anda merasa khawatir anda bisa mengobati benjolan tersebut secara alami yakni dengan konsumsi obat herbal tumor payudara.

Demikianlah informasi tentang bahaya fam jika tidak dioperasi ini semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat.

Informasi yang kami sampaikan bersifat umum dan hanyalah untuk keperluan informasi semata sehingga bukan mengklaim sebagai ketetapan, kenyataan dan kepastian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *